10 Tips Bepergian dengan Bayi


Bepergian dan menyiapkan segala keperluan untuk pergi ke suatu tempat bisa menjadi pekerjaaan yang lumayan berat: mengepak (dan mencek ulang), memilih waktu yang tepat untuk terbang atau lalu lintas, duduk untuk jangka waktu yang lama dan menjaga kebosanan atau bahkan mabuk laut.

Ketika melibatkan bayi pada perjalanan ini, pekerjaan dan stres bisa menjadi empat kali lipat. Dengan semua kebutuhan bayi atau balita, berkendara atau dengan pesawat dan perjalanan ke bandara atau jalan raya (dan pada waktu liburan ?!) bisa menjadi sesuatu yang tak terduga lebih dari biasanya. Berikut reqomen akan memberikan hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam bepergian bersama bayi/anak:

1. Membawa Gendongan Bayi

Membawa gendongan bayi akan membuat bayi dan kamu selalu berdekatan, menjaganya agar selalu dekat dengan tangan yang bebas akan sangat membantu saat berada di Airport. Kamu bisa memakainya dari keluar mobil sampai berada di pesawat dan akan tetap mudah membawa barang bawaan kamu yang lain. Atau jika memungkinkan kamu bisa membawa stroller sehingga si kecil akan nyaman duduk atau tidur di stroller pada saat menunggu untuk terbang.

2. Memakai Pakaian Tidur

Kaos kaki akan sangat mudah lepas biasanya, dimanapun kamu berada, untuk menghindarkan kaki si mungil dari kedinginan pakaikanlah dia baju yang bisa menutupi kakinya juga tanpa khawatir akan terlepas seperti sleepsuit.

3. Bepergian atau Naik Pesawat di Waktu Tidur

Jika penerbangan atau perjalanan yang akan kamu lakukan hanya membutuhkan beberapa jam saja, sebaiknya atur penerbangan atau perjalanan pada saat bayi kamu tidur siang atau waktu-waktu tidurnya.

4. Pemilihan Tempat Duduk

Pada saat memesan tiket pesawat ada baiknya kamu memilih tempat duduk yang akan dipesan saat bepergian. Ini agar memudahkan dan memberikan kenyamanan pada bayi kamu saat bepergian. Dan sebelum memesan tiket ada baiknya kamu memutuskan apakah kamu akan memangku bayi mu sendiri atau akan memesan bangku tambahan. Banyak maskapai penerbangan memungkinkan anak-anak di bawah umur 1 tahun untuk terbang gratis jika bayi berada di pangkuan orangtua. Jika kamu  memutuskan untuk bepergian dengan bayi berada di pangkuan kamu, cobalah untuk mendapatkan tempat duduk yang memiliki ruang lebih untuk kakimu. Dan pilihlah tempat duduk yang dekat dengan toilet, jendela atau jika memungkinkan duduklah dekat ibu-ibu yang membawa anak juga. Sehingga ketika si mungil rewel, kamu mempunyai teman mengobrol dan bisa saling bantu.

5. Mainan Bayi

Jika bayi terbangun, mainan adalah salah satu hal yang dapat membantu mengalihkan kebosanan si mungil pada saat bepergian dan ketika ia rewel. Jangan lupa si mungil suka sekali untuk mengunyah dan menghisap – semua akan masuk ke dalam mulutnya. Jadi jangan lupa untuk membawa thethering (mainan gigitan) dalam perjalanan. Buku anak-anak, mainan edukatif, boneka tangan, bahkan aplikasi di smartphone dapat membantu bayi merasa senang pada saat bepergian.

6. Penutup Telinga

Biasanya para orangtua takut dan khawatir si mungil akan merasa tidak nyaman di telinganya karena tekanan pada pesawat pada saat takeoff dan landing. Menyusui pada saat-saat itu akan sangat membantu si mungil agar tetap merasa nyaman. Ingat untuk selalu membawa apron menyusui (penutup) jika kamu tidak merasa nyaman pada saat menyusui disamping orang lain atau orang tidak dikenal. Jika si mungil tidak menyusui langsung berikan botol susu atau dot untuk mengurangi  tekanan pada telinga si mungil.

7. Pakaian Cadangan

Jika bayi kamu sampai tempat tujuan dengan pakaian yang sama pada saat ia berangkat, kamu harus merasa bangga atau setidaknya mendapat penghargaan atas pencapain yang luar biasa dan jarang sekali terjadi. Siapkan juga pakaian lebih untuk kamu, bayi biasanya sering gumoh atau pup saat kamu memegang bayi. Maka pada saat itu terjadi, kamu sudah menyiapkan baju ganti. Ingat, kamu tidak sendirian. Dan terlihat kotor tidak akan membunuh seseorang. Ada banyak ibu atau bapak yang bepergian dengan anak-anak kecil mereka. Merasa nyaman dan yakinlah bahwa kamu telah melakukan yang kamu bisa, dan penerbangan ini tidak akan berlangsung selamanya.

8. Tisu Pembersih

Maskapai penerbangan biasanya jarang membersihkan pesawat mereka. Gunakan tisu pembersih untuk membersihkan lengan kursi, jendela, belakang meja kursi kamu. Jaga-jaga jika daerah itu penuh dengan kotoran atau debu.

9. Membawa Kantong Plastik Zipper

Kamu akan membutuhkannya pada saat memisahkan pakaian kotor yang terkena cairan gumoh atau pipis atau pup.

10. Meminta Bantuan

Jika kamu butuh bantuan, mintalah bantuan dari pramugari. Mereka akan sangat senang sekali membantumu jika kamu bepergian dengan si kecil. Mereka akan seneng membantu kamu untuk mengisi botol, mengambilkan tas, atau menyediakan air tambahan untuk kamu.

Lakukan yang terbaik pada saat berkemas dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Perjalanan bisa saja membuat kamu tertekan, tapi lakukan apapun agar semua berjalan tanpa membuat kamu frustasi. Meskipun perjalanan akan terasa lama, tapi kamu tidak akan merasa demikian jika melaluinya bersama teman atau keluarga dan ingat tujuan kamu bepergian nantinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s