Agar Mempercepat Proses Kehamilan


Dalam menjalani rumah tangga diberikan momongan atau anak adalah berkah luar biasa yang diberikan Tuhan kepada kita. Hadirnya buah hati dalam kehidupan keluarga menambah lengkap suasana. Ada yang cepat ada juga yang membutuhkan waktu sekian lama untuk mendapatkan momongan. Semua itu tergantung dari karunia Tuhan dan bagaimana usaha kita dalam mendapatkannya. Yang terpenting adalah tidak berhenti berusaha dan terus berdoa.

Sebuah keluarga memang tidak lengkap tanpa kehadiran anak. Karena mempunyai anak adalah suatu kebanggaan yang bisa didapat oleh mereka, apalagi dapat membesarkan dan menjadikan anak mereka sukses. Untuk bisa mempercepat proses kehamilan banyak hal yang bisa kita lakukan. Kali ini reqomen ingin memberikan tips agar kamu yang sedang berusaha untuk segera hamil bisa dapat mewujudkannya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Mengetahui Masa Subur

Selalu cek siklus haid.
Selalu cek masa subur.

Untuk pasangan suami istri yang belum mempunyai anak adalah hal yang penting untuk mengetahui masa subur. Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan. Dan tidak mungkin terjadi kehamilan bila wanita berhubungan intim di luar masa subur karena tidak ada sel telur yang dapat dibuahi oleh sel sperma.

Untuk mengetahui masa subur wanita bisa diketahui dengan berbagai cara misalnya, dengan menghitung siklus haid, mengukur suhu tubuh, dan perubahan pada lendir kesuburan. Yang paling mudah adalah menghitung masa subur berdasarkan siklus menstruasi, terutama bagi kamu yang menstruasinya teratur.

Masa subur dihitung mulai dari hari pertama menstruasi ditambah 12 dan masa subur berakhir ditambah 19 dengan masa puncaknya adalah hari ke empat belas. Contoh, menstruasi tanggal 15 Nov 2016. Perhitungan minggu suburnya adalah tanggal 27 Nov (15+12) sampai tanggal 4 Des (15+19) dengan puncaknya yaitu tanggal 29 Nov 2016 (15+14).

2. Posisi Dalam Berhubungan Intim

Lakukan posisi berhubungan yang tepat agar proses pembuahan bisa terjadi.
Lakukan posisi berhubungan yang tepat agar proses pembuahan bisa terjadi.

Untuk mempunyai anak bukan berarti kamu dan pasangan harus melakukan hubungan intim setiap hari. Atur hubungan intim dengan pasangan kamu setiap 2 hari sekali. Ini dilakukan agar kualitas dan kuantitas sperma menjadi sangat baik. Agar sperma kuat untuk membuahi sel telur. Pada pria juga terdapat masa subur yaitu pada pagi hari atau saat musim dingin. Lalu bagaimana posisi yang baik untuk berhubugan intim? Ada 3 posisi yang dapat memperbesar kemungkinan untuk hamil, yaitu posisi missionaris, posisi spooning dan posisi the union of the wolf . Selain itu, para ahli juga menyarankan agar kamu dan pasangan berhubungan badan sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

Posisi missionaris adalah posisi yang seringkali disebut posisi Man On Top atau pria diatas wanita. Dengan posisi ini, kepala penis langsung berhadapan dengan mulut rahim sehingga pada saat ejakulasi terjadi, sperma dapat dapat langsung berenang menuju rahim dan membuahi sel telur. Posisi spooning adalah posisi dimana pria dan wanita saling menyamping dan menghadap ke arah yang sama dengan pria berada di belakang wanita.  Posisi ini memungkinkan terjadinya penetrasi yang sangat dalam, dan ketika ejakulasi terjadi sperma dapat berenang dengan cepat untuk mencapai rahim wanita. Posisi the union of the wolf  adalah posisi dimana wanita tengkurap dengan badan bertumpu pada kedua lutut dan kedua tangan, sementara pria melakukan penetrasi dari belakang. Sperma yang keluar dari penis mengarah langsung ke mulut rahim sehingga mudah mencapai sel telur.

Usahakan setelah ejakulasi antar pasangan terjadi, selama 10-20 menit agar wanita tetap dalam posisi berbaring. Janganlah beranjak dulu dari sikap tiduran ini karena dalam menit waktu ini cairan semen akan mencair, dan jika wanita bangkit cairan semen akan mengalir kembali ke vagina dan suasana asam membuat sperma melemah dan mati. Dan ada baiknya kosongkan kandung kemih sebelum berhubungan seks agar kamu tidak tergesa-gesa ke kamar mandi sesudahnya.

3. Jalani Pola Hidup Sehat

Ketika tubuh sehat maka proses pembuahan pun semakin besar kemungkinannya.
Ketika tubuh sehat maka proses pembuahan pun semakin besar kemungkinannya.

Jika kamu dan pasangan ingin segera mempunyai momongan, maka kamu dan pasangan harus menjalani pola hidup sehat. Jika kamu atau pasangan merupakan perokok aktif atau mungkin mempunyai kebiasan meminum alkohol? Maka mungkin sebaiknya kamu dan pasangan harus mengurangi konsumsi rokok atau lebih baik lagi berhenti merokok dan berhenti meminum alkohol. Karena meminum alkohol dapat mengurangi resiko kehamilan sebanyak 50%.

Selain itu cek apakah berat badan kamu dan pasangan sudah ideal atau belum. Karena berat badan yang kurang atau lebih dapat mempersulit pembuahan. Sedangkan pada pria jika berat badannya kurang akan mempengaruhi kurangnya pembentukan sperma. Rajinlah berolahraga, dengan demikian kondisi badan akan selalu fit dan proses pembuahan pun akan lebih besar terjadi. Dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sarat akan gizi untuk mendapatkan kehamilan sehat nantinya.

Ada beberapa makanan yang baik dikosumsi baik pria atau pun wanita untuk membantu proses kehamilan. Untuk pria dianjurkan banyak mengkonsumsi alpukat, pisang dan bawang putih. Sedangkan untuk wanita banyaklah mengkonsumsi telur, daging ayam dan sayuran hijau. Tidak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi vitamin. Vitamin C, salah satunya, dapat meningkatkan kualitas sperma. Mengkonsumsi 1000 mg dan 10 mcg vitamin D atau Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Dan wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki kesempatan hamil yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya.

4. Cek Kesehatan dan Konsultasi Ke Dokter

Bicarakan dan konsultasikan keadaan ke Dokter sehingga, Dokter akan memberikan arahan yang baik buat kaamu.
Bicarakan dan konsultasikan keadaan ke Dokter sehingga, Dokter akan memberikan arahan yang baik buat kaamu.

Mungkin pergi untuk mengecek kesehatan bersama pasangan akan menjadi dilema tersendiri pada pernikahan. Tapi ini penting, jika pernikahan kamu dan pasangan sudah lama dan masih belum mempunyai momongan. Ada baiknya kamu dan pasangan pergi ke dokter dan mengkonsultasikannya. Dokter akan memberikan petunjuk bagi kamu dan pasangan agar segera hamil yang tentu saja telah disesuaikan dengan keadaan kamu. Bila kamu dan pasangan masih enggan untuk pergi ke dokter mungkin kamu bisa mencoba untuk mencari info sebanyak-banyanya dari artikel, buku atau forum-forum kesehatan.

5. Berdoa

Setelah berusaha dan melakukan apapun agar cepat hamil, kita hanya harus berdoa terus agar Tuhan mewujudkan keinginan kita.
Setelah berusaha dan melakukan apapun agar cepat hamil, kita hanya harus berdoa terus agar Tuhan mewujudkan keinginan kita.

Manusia memang hanya bisa memasrahkan takdir kepada Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan akan memberikan kemudahan jalan kepada kamu dan pasangan agar tetap berusaha dan tekun berdoa. Diluar sana banyak sekali pasangan yang mendambakan untuk segera mempunyai momongan namun masih belum mendapatkannya karena berbagai alasan tertentu. Terus menyemangati pasangan kamu, dan selalu berikan pikiran-pikiran positif agar pernikahan kamu dan pasangan tidak akan timbul masalah karena masalah momongan ini. Dukung satu sama lain, jangan biarkan beban belum mempunyai momongan ini hanya dipikul sebelah pihak. Jika kamu dan pasangan kamu yakin, maka tidak ada yang tidak mungkin. Tuhan pasti akan segera memberikan keajaiban. Aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s