Botak? Ini Solusinya


Rambut adalah hal penting baik untuk pria ataupun wanita. Sedangkan botak adalah keadaan dimana seseorang tidak mempunyai sehelai rambut lagi di kepalanya (wikipedia). Maka tidak dipungkiri jika seseorang akan sangat terganggu jika terjadi masalah terhadap rambutnya seperti kerontokan. Apalagi kerontokannya sampai menyebabkan kebotakan. Tentunya akan sangat mengganggu penampilan, sehingga akan mempengaruhi rasa percaya diri khususnya pada pria.

Pola kebotakan pria (male pattern baldness/ androgenetic alopecia) adalah kebotakan yang paling sering terjadi. Penyebabnya berhubungan dengan gen, hormon dan usia. Jenis kebotakan lain termasuk kondisi auto-immune yang dikenal dengan “kebotakan setengah/ tidak sempurna” (patchy hair loss/ alopecia areata), “kebotakan sementara” (temporary hair loss/ telogen effluvium), rambut yang tertarik secara paksa (compulsive hair pulling/ trichotillomania) dan traction alopecia. Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. Kita perlu tahu secara pasti apakah penyebab di balik rontoknya rambut, sehingga kita bisa memahami bagaimana cara mencegah, memperbaiki atau mengobati kondisi tersebut.

Berikut ini adalah reqomen-dasi cara untuk mencegah kebotakan yang bisa kamu ikuti!

1. Jaga Kebersihan Rambut

Kulit kepala pria biasanya lebih berminyak ketimbang wanita. Oleh sebab itu rajinlah menggunakan shampoo setiap hari untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari ketombe. Pilihlah shampoo yang lembut dengan kadar pH yang rendah. Karena shampoo yang terlalu keras justru akan membuat kulit kepala kering dan rontok.

2. Pijat Kulit Kepala

Ini adalah salah satu cara pengobatan alami yang paling teruji untuk rambut rontok, karena salah satu penyebab utama kerontokan rambut pada pria adalah karena kurang lancarnya sirkulasi darah dikepala. Darah bertugas membawa oksigen kepada folikel rambut, dimana yang penting untuk merangsang dan memelihara pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, pijatlah kulit kepala kamu secara teratur untuk membantu menjaga sirkulasi darah yang lancar yang akan membawa unsur-unsur penting untuk kulit kepala.

3. Santan

Santan kaya akan nutrisi dan vitamin yang sangat diperlukan oleh pertumbuhan rambut. Selain itu hal ini bisa menjaga rambut dan folikel kamu sehat, sehingga membantu menjaga rambut kamu dan bahkan menumbuhkan kembali beberapa helai rambut baru. Minyak kelapa atau santan dapat langsung diaplikasikan untuk langsung di oleskan di kulit kepala dan rambut secara menyeluruh dan merata.

 4. Kulit Apel

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan anti oksidan ini mampu digunakan  sabagai cara mengatasi ini. Apel dapat melancarkan peredaran darah sehingga pertumbuhan rambut juga akan berkualitas.

5. Biji Kemiri

Kemiri bermanfaat sebagai penyubur dan penghitam rambut. Cara menggunakan biji kemiri ini cukup mudah yaitu dengan membakar biji kemiri lalu dihaluskan dan kemudian oleskan pada rambut dari akar sampai ujung. Diamkan dan keramas keesokan harinya.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini selain berfungsi menumbuhkan rambut dengan subur juga berfungsi sebagai bahan yang bisa menyehatkan rambut kita.

Selain bahan-bahan diatas, kerontokan juga dapat dihindari dan diatasi dengan menjaga asupan makanan kita. Beberapa asupan makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut diantaranya adalah salmon, walnut, oyster, wortel, telur dan bayam. Bahan-bahan makanan itu mengandung sumber protein, antioksidan beta karoten, zinc, zat besi, asam folat dan vitamin C.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s