5 Tempat Camping Paling Seru di Indonesia


Banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan dalam mengisi akhir pekan untuk menghilangkan penat setelah bekerja, kuliah atau sekolah. Camping bisa menjadi salah satu jawabannya. Camping menjadi salah satu alternatif kegiatan saat liburan bersama keluarga. Kelebihan dari kegiatan ini, kita semua dapat berbagi tanggung jawab dalam satu aktivitas yang sama. Selain itu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah dibanding liburan dan menginap di hotel. Camping bisa membuat hati kita tenang karena kita bisa lebih dekat dengan alam. Kegiatan seru yang didapat dari camping bisa dari mendirikan tenda, membuat api unggun saat malam dan menghirup udara sejuk dan bersih di pagi hari. Berikut beberapa reqomen-dasi tempat camping paling seru di Indonesia:

1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung

hutan-juanda-1-of-1
Curug Omas (www.infobdg.com)

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini merupakan kawasan konversi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman luas sekitar 590 hektar. Taman ini membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya. Kekayaan flora dan fauna yang ada disini juga memberikan kesan yang berbeda untuk para pengunjung. Selain itu, terdapat tempat bersejarah seperti Goa Jepang dan Goa Belanda, jadi selain camping dan berlibur kamu juga bisa belajar sejarah. Disini juga terdapat air terjun, kamu dan keluarga bisa mandi di kaki pegunungan ini namanya Curug Omas.

2. Bumi Perkemahan Sibolangit, Deli Serdang

Perkemahan-Sibolangit-Deli-Serdang
Air Terjun Dua Warna (www.skyscanner.co.id)

Bumi Perkemahan Sobilangit lokasinya terletak di kaki Gunung Sibayak yang berada di ketinggian 864 meter di permukaan laut memiliki kontur yang berbukit-bukit dengan udara yang sejuk. Yang paling mengesankan dan indah adalah pemandangan air terjun dua warna yang tidak jauh dari bumi perkemahan ini. Air terjun ini menghasilkan dua gradasi warna yang menyejukkan mata. Bumi perkemahan ini juga pernah menjadi tempat pelaksanaan Jambore Nasional Pramuka pada tahun 1977 yang diikuti puluhan ribu anggota Pramuka dari seluruh Indonesia dan sejumlah perwakilan dari negara tetangga.

3. Bumi Perkemahan Nyaru Menteng, Palangkaraya

Nyaru-Menteng-kalimantan-tengah
http://www.getborneo.com

Nyaru Menteng di Palangkaraya adalah kawasan hutan yang punya koleksi flora dan fauna yang cukup banyak. Bumi perkemahan ini dekat dengan beberapa objek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi seperti Danau Tahai dan Arboretum Nyaru Menteng. Yang paling unik dari Danau Tahai adalah warna airnya kemerah-merahan yang disebabkan oleh akar-akar di lahan gambut. Sedangkan Arboretum Nyaru Menteng merupakan pusat penangkaran orang utan. Jadi selain camping, kamu dan keluarga atau teman bisa melihat proses rehabilitasi orang utan. Bahkan kegiatan di Nyaru Menteng ini sempat didokumentasikan dalam sejumlah serial TV, seperti “Orangutan Diary” oleh BBC dan “Orangutan Island” oleh Animal Planet.

4. The Pines Taman Dayu

Rumah pohon (www.thetamandayu.com)
Rumah pohon (www.thetamandayu.com)

Untuk yang tinggal di Surabaya, The Pines Taman Dayu bisa jadi acuan kamu dan keluarga untuk camping. Lokasi nya ga jauh dari Bandara Internasional Djuanda Surabaya. Fasilitas yang dimiliki The Pines taman Dayu juga cukup lengkap dan modern. Cocok banget buat kamu atau keluarga. Sehingga kamu dan keluarga tidak usah repot-repot menyiapkan segala perlengkapan. Jika kamu ga pengen tidur di tenda The Pines Taman Dayu menyediakan rumah pohon dan rumah kayu. Bedanya adalah rumah pohon tidak dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya tetapi disediakan di bawah. Sehingga harus naik turun jika ingin ke kamar mandi. Sedangkan rumah kayu adalah rumah panggung yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Oh ya, pengelola juga menyediakan makan dan coffee break. Selain toilet dan mushola disini juga terdapat outbound dan paintball. Sehingga banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh kamu dan keluarga jika berada disini.

5. Telaga Cebong, Dieng Plateau, Wonosobo

Telaga Cebong (obyekwisatadieng.wordpress.com/)
Telaga Cebong (obyekwisatadieng.wordpress.com/)

Ingin merasakan sensasi camping di desa tertinggi di Pulau Jawa? Jika iya, maka Telaga Cebong merupakan tempat yang tepat untuk kamu dan keluarga. Kamu akan terkagum dengan panorama alam yang indah dan keramahan penduduk lokalnya. Kamu bisa trekking ke Puncak Sikunir untuk berburu “golden sunrise” yang sudah sangat tersohor hingga ke mancanegara. Telaga Cebong merupakan telaga yang terjadi dari bekas kawah purba. Lokasi Telaga Cebong berada disebelah barat Gunung Sikunir dengan bentuk menyerupai cebong/berudu mungkin dari bentuk itulah akhirnya telaga ini diberi nama telaga cebong. Masih jarang sekali yang mengetahui kalau ternyata di Sembungan ada 2 telaga, telaga ini pun mempunyai cerita tentang persaingan kakak adik yang masih menjadi misteri apakah cerita ini benar atau tidak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s