Mensiasati Kenaikan Harga Rokok


Hai para perokok, pastinya sudah denger kan kalo pemerintah berencana untuk menaikkan harga rokok bulan depan. Tidak tanggung-tanggung kenaikan harga rokok mencapai Rp 50 Ribu (siap-siap kantong kering kerontang gara-gara rokok :D). Kenaikan ini dipicu karena banyaknya jumlah perokok di Indonesia dan mudahnya anak dibawah umur untuk membeli rokok. Walaupun kenaikan ini belum ditetapkan secara pasti kapan kenaikannya, isu ini tetep membuat panik para perokok.

Untuk diketahui, usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50 ribu per bungkus merupakan hasil studi dari Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany. Studi ini mengungkap kemungkinan perokok akan berhenti merokok jika harganya dinaikkan dua kali lipat dari harga normal. Hasilnya 80 persen bukan perokok setuju jika harga rokok dinaikkan. –liputan6.com

Jangan liat sisi negatifnya terus, liat sisi positifnya semoga dengan begini perokok-perokok di Indonesia bisa berkurang. 🙂

Banyak pro dan kontra terhadap isu ini. Apalagi bagi produsen rokok, jelas sangat berpengaruh terhadap jalannya bisnis mereka. Karena produksi rokok mempunyai mata rantai produksi yang penjang dari mulai petani, pekerja, buruh pabrik, pedagang, konsumen, dan tentunya daya beli masyarakat. Bisa-bisa produsen rokok semua gulung tikar karena pengaruh daya beli masyarakat yang menurun.

Ya apapun keputusan pemerintah nanti, naik atau tidaknya harga rokok yang penting kamu punya siasat yang tepat buat masalah rokok ini. Nah, berikut beberapa reqomen-dasi tips untuk mensiasati kenaikan harga rokok, check it out guys:

1. Patungan

Kalau harga rokok nanti benar-benar naik menjadi Rp 50 ribu-an pasti ini akan sangat mempengaruhi isi dompet kamu. Wow, dengan harga segitu kamu bisa dapet 2 bungkus lebih lho. Biar ga terasa berat dalam membeli rokok, ajaklah temen nongkrong atau temen kerja kamu buat patungan beli rokok. Dengan begini kamu bisa saving uang lebih banyak kan.

2. Joinan

Joinan atau bisa dibilang satu batang rokok dihisap berdua. Untuk yang satu ini agak geli sih sebenernya. Cuma untuk kamu-kamu yang udah biasa nongkrong sama temen dan deket banget, joinan rokok ga akan jadi masalah. Untuk mahasiswa yang dompetnya pas-pasan atau pekerja di tanggal tua alias bokek boleh banget dipraktekin cara yang satu ini.

3. Pelit Berbagi

Salah satu meme tentang harga rokok naik (Instagram/@putra_machena)
Salah satu meme tentang harga rokok naik (Instagram/@putra_machena)

Di zaman sulit kaya sekarang, pelit itu pangkal kaya. Untuk menekan biaya yang keluar untuk pembelian rokok kamu harus jadi orang pelit. Kalo ada temen kamu yang minta rokok, ya bilang aja ga ada. Atau rokok gw sekarat, bro! Atau bisa juga kamu bilang, rokok mahal bro. Beli sendiri yah. Hehe..

 

4. Beli Vaporizer

Macam-macam vaporizer (shop.nhaler.com)
Macam-macam vaporizer (shop.nhaler.com)

Vaporizer atau vape  biasa disebut juga rokok elektrik perangkat bertenaga baterai untuk mengubah cairan menjadi uap, yang uapnya tersebut dapat kamu hirup layaknya rokok biasa. Personal Vaporizer menjadi sebuah solusi hemat untuk berhenti merokok, dibandingkan dengan metode medis lainnya. Memang sih untuk awalnya kamu harus merogoh gocek dalam-dalam. Karena harga vaporizer ini lumayan. Tapi dibandingkan dengan beli 2-3 bungkus rokok sehari dan dikalkulasikan jelas lebih hemat kalau kamu pake vape dan pintar-pintar pilih liquid yang murah.

5. BERHENTI MEROKOK

via: www.thinglink.com
thinglink.com

Untuk siasat terakhir ini reqomen mengajak kamu untuk berhenti merokok. Selain untuk menghemat pengeluaran biaya merokok, yang paling penting adalah untuk kesehatan kamu. Memang sih untuk berhenti merokok bukan perkara gampang. Tapi dengan tekad dan niat yang kuat kamu pasti bisa berhenti merokok, ditambah dengan mahalnya harga rokok. Yang penting kamu ga berhenti mencoba. Kamu akan jauh lebih sehat kalo tidak merokok, kamu juga akan tetep keren kalo tidak merokok. So, tunggu apalagi untuk berhenti merokok. 🙂

Baca juga : 5 Cara Unik Untuk Berhenti Merokok

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s