Rahasia Sukses Memilih Usaha Waralaba yang Tepat


Bagi kamu yang sudah bosan selalu bekerja untuk orang lain atau menjadi pegawai kantoran, dan sudah mengumpulkan modal yang cukup lumayan dari pekerjaan rutin tersebut, sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk membuka usaha sendiri. Tetapi masih banyak yang mempertimbangkan usaha apa yang tepat yang bisa dijalankan untuk kamu yang sangat minim pengalaman di dunia usaha. Kamu masih tergolong sebagai pembisnis pemula, dan bagi pembisnis pemula sebenarnya lebih disarankan untuk membuka usaha yang sudah ada daripada membuka usaha dengan menemukan produk ciptaan sendiri.

“Berhenti membuat rencana, MELANGKAHLAH. -Bob Sadino-“

Usaha yang sudah ada ini sering juga disebut dengan usaha waralaba, yaitu usaha yang bersifat kemitraan dengan suatu perusahaan, dimana perusahaan tersebut memiliki merek produk yang sudah dikenal di masyarakat. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menawarkan sistem waralaba tersebut, tetapi tidak semua bisa dijamin kesuksesannya, untuk itu berikut merupakan suatu bahan pertimbangan yang merupakan rahasia sukses untuk memilih usaha waralaba yang tepat :

Baca Juga:> 3 Langkah Menuju Kreativitas

1. Kenali Profil Perusahaan dan Pilih yang Telah Terbukti

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari profil perusahaan yang menawarkan waralaba dengan teliti dan cermat. Jangan sembarangan memilih bisnis waralaba apalagi tergiur dengan modal investasi yang murah dan untung besar. Carilah bisnis waralaba yang telah teruji kredibilitasnya dan telah dikenal luas di masyarakat. Kenali latar belakang dan legalitas perusahaannya, pengalaman mereka dalam mengelola bisnis, pangsa pasar serta keunggulan dan kekhasan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Cari tahu betul seluk beluk perusahaan tersebut dengan mengorek informasi yang sedalam-dalamnya. Semakin mereka terbuka menyampaikan bisnisnya, itu lebih baik, sebaliknya jika tertutup, maka kamu harus mempertimbangkannya lagi.

Setiap orang memiliki jatah gagal masing-masing kalau kita bisa menghabiskan jatah gagal di usia muda kenapa harus tunggu tua? Lebih baik kehilangan masa muda dari pada masa depan – Yasa Singgih-

Baca Juga:> 10 Profesi dengan Gaji Terbesar di Indonesia

2. Pilih yang Memiliki Keunikan Produk dan Jasa

Kenunikan atau kekhasan produk atau jasa bisa menjadi daya tarik konsumen. Namun perlu hati-hati dengan produk yang baru meskipun mereka unik. Anda harus jeli melihat apakah keunikan produk tersebut telah teruji dan mampu membuat pembeli tertarik. Cari tahu sudah berapa lama produk itu bertahan di pasar. Jika lebih dari satu tahun, terlebih lagi yang namanya sudah lama kamu kenal, maka kamu tidak perlu ragu untuk memilihnya.

utibeetim.com
utibeetim.com

Baca Juga:> Dompet Tetap Tebal di Akhir Bulan? Ini Rahasianya.

3. Pilih Lokasi yang Strategis dan Tepat

Dalam menjalankan usaha, pemilihan lokasi merupakan bagian yang vital dan sangat penting. Lokasi amat menentukan jumlah konsumen yang akan membeli atau memakai produk atau jasa yang kita tawarkan. Lokasi yang baik untuk menjalankan bisnis waralaba adalah lokasi yang strategis dan tepat.

Strategis artinya mudah diakses dan dijangkau banyak orang, ramai dan dilewati banyak orang. Tepat artinya lokasi tersebut selain ramai juga cocok untuk memasarkan produk atau jasa yang kita jual. Contoh lokasi yang strategis adalah pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, tempat-tempat keramaian seperti sekolah, kampus, kawasan perumahan padat penduduk ataupun apartemen.

Ketepatan memilih lokasi turut andil menentukan keberhasilan bisnis waralaba. Lokasi yang tepat dan strategis merupakan modal besar sehingga meningkatkan peluang pemasaran dan jangkauan konsumen yang lebih luas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s