Cara Mudah Membuat Kentang Goreng Persis seperti Restoran Cepat Saji


Setiap orang pasti sudah tidak asing lagi dengan cemilan kentang goreng atau lebih terkenalnya disebut french fries. Hampir semua kalangan sangat menyukai cemilan ini karena rasanya yang gurih dan renyah diluar tapi empuk di dalamnya. Walaupun hanya berbahan dasar kentang, cemilan ini termasuk lumayan mahal bila dijual dalam kemasan atau di restoran – restoran cepat saji.

Untuk itu banyak dari kamu pasti sudah pernah mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Dan tidak sedikit juga yang gagal, karena kentang yang kamu coba goreng tidak seperti kentang goreng yang disajikan di restoran – restoran cepat saji tersebut. Kebanyakan dari kentang goreng yang kamu buat sendiri di rumah tersebut tidak tetap renyah setelah dingin. Sedangkan french fries yang di jual dalam kemasan atau restoran cepat saji renyahnya bisa bertahan lama, berikut reqomen-dasi dalam membuatnya :

kentang mentah
Kentang goreng memang cemilan yang pas untuk segala macam suasana. (sumber foto: google.com)

Pertama, carilah kentang yang berukuran agak besar dan lonjong, karena biasanya kentang goreng ala restoran cepat saji bentuknya panjang – panjang. Kupas dan bersihkan, lalu potong – potong sesuai dengan keinginan. Tapi ingat, jangan terlalu kurus atau pun terlalu besar, disesuaikan seperti ukuran kentang goreng pada umumnya.

rebus kentang dengan garam
sumber foto: google.com

Kedua, rebus/kukus dengan beri sedikit garam atau bumbu penyedap kira-kira lebih kurang 15 menit hingga masak. Lalu tiriskan sekering mungkin , bisa dengan meletakannya diatas tisu makan atau bisa juga dengan masukkan ke kulkas bagian bawah, biarkan lebih kurang sehari hingga tiap potongan kentang benar-benar kering. Pastikan tidak menyatu satu dengan yang lain supaya keringnya merata.

kentang beku
sumber foto: google.com

Dan langkah terakhir adalah masukan kentang yang sudah kering tadi ke dalam plastik kedap udara plastik dan taruh di freezer, lalu bekukan. Setelah beku, kentang siap digoreng kapanpun.

 

Tips : Cara menggorengnya adalah dengan memanaskan penggorengan terlebih dahulu hingga minyak benar – benar panas dan gunakan minyak yang cukup merendam kentang untuk deep-fry, setelah itu baru goreng kentang beku tadi hingga berwarna kuning keemasan. Ingat harus digoreng dalam keadaan beku.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s