Tips Cari Kostan Buat MABA (Mahasiswa Baru)


Hai MABA alias Mahasiswa Baru, udah siap masuk kampus? Tips kali ini bakal ngebahas tentang reqomen-dasi cari kostan di kampus baru. Buat kamu yang kuliah di luar kota pasti butuh banget sama yang namanya kost-kostan, dan biasanya kost-kostan di sekitar kampus bakalan penuh dari sebulan sebelum perkuliahan dimulai. Untuk itu simak tips aman cari kostan.

1. Survey dan Cari Informasi Kostan via Online

google
Untuk memudahkan pencarian kostan, yang pertama kali harus dilakukan ya survey via internet.

Usahakan kamu melakukan survey dengan ditemani oleh kawan atau sahabat yang sudah menjadi mahasiswa senior di kampus yang akan kamu tuju. Biasanya mereka akan merekomendasikan kost-an yang aman murah dan nyaman serta strategis. Bagaimana kalau kamu tidak punya saudara atau teman yang kuliah di kampus tersebut? Kamu bisa coba cari informasi kosan via online melalui situs-situs info kostan di www.olx.co.id, www.urbanindo.com, atau www.infokost.id dan banyak lagi. Yang paling utama sih googling aja dulu, biar kamu tau harga kisaran rata-rata kostan dengan fasilitas yang kamu inginkan.

2. Jangan Gengsi dan Malu untuk Tanya Harga dan NAWAR

Saat kamu melakukan survey jangan malu untuk tanya harga dan tawar menawar. Untuk harga kamar yang kamu suka, ada pilihan bayar bulanan atau langsung satu tahun. Biasanya kalau kamu mau bayar langsung 1 tahun kamu dapet diskon free 2 bulan. So, tawar menawar itu biasa kok jadi gak usah gengsi.

3. Hati-Hati Calo Kost-an

Kalau kamu keliatan bingung atau keliatan planga-plongo kamu bisa menjadi sasaran empuk untuk para calo kostan. Sebenarnya memang mereka juga berjasa sih buat bantu cari kostan buat mahasiswa baru dan biasanya royalty untuk mereka dikasih sama yang punya kostan. Tapi buat kamu yang punya budget pas-pasan mendingan kamu eksplore aja daerah-daerah sekitar kampus yang sekiranya strategis.

4. Jarak Strategis

sesuaikan dengan isi dompet
Harga sewa kamar kost jangan sampe bikin dompet kamu kering. (google.com)

Jarak antara kostan dan kampus menjadi salah satu poin yang perlu dipertimbangkan lho. Soalnya kamu akan lebih hemat jika jarak antara kampus dan kostan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi biasanya harga juga ditentukan oleh jarak antara kostan ke kampus. So, ayo hitung-hitungan lagi biar budgetnya pas atau bahkan ada lebihannya buat kamu tabungin.

Baca juga> Tips Memasuki Dunia Perkuliahan

5. Pertimbangkan Suasana Kosan Dengan Jurusan/Fakultas Kamu

mahasiswa-770x430
Suasana kosan yang nyaman, akan membuat kamu lebih konsentrasi belajar. (google.com)

Perhatikan first impression dari suasana kost-an yang kamu survey, misalnya kamu harus tanya mayoritas mahasiswa disini fakultasnya apa saja. Bukan untuk diskriminasi tapi biasanya kebiasaan belajar dari masing-masing mahasiswa berbeda bergantung kepada latar belakang fakultasnya. Misalnya kamu anak fakultas design komunikasi visual atau komunikasi yang biasanya butuh suasana yang agak ramai untuk mencari inspirasi, atau sering begadang bercengkrama bersama teman kosan, hobi main gitar atau bernyanyi, atau bahkan doyan dengerin lagu kenceng-kenceng, kamu gak akan cocok masuk kostan yang isinya anak kedokteran, anak MIPA, anak Statistic atau anak fakultas Psikologi. Karena biasanya mereka membutuhkan kost-an yang tenang, nyaman dan tentram untuk mendukung suasana belajar mereka, begitupun sebaliknya.

6. Perhatikan Keamanan Sekitar Kostan

Jangan lupa untuk selalu memastikan pintu kamar kamu terkunci kalau kamu keluar atau kuliah. (google.com)
Jangan lupa untuk selalu memastikan pintu kamar kamu terkunci kalau kamu keluar atau kuliah. (google.com)

Terlepas dari suasana kostan kamu di daerah padat penduduk atau enggak, ramai atau enggak biasanya kostan adalah sasaran empuk untuk orang-orang yang punya niat nyolong mau itu dari luar ataupun temen baru sekampus. Jadi yang utama adalah kamu harus memperhatikan keamanan di sekitar kosan seperti misalnya menanyakan jam malam buka tutup pagar, ada yang ronda atau tidak setiap malam di kosan, atau jika nggak keberatan kamu patungan bareng penghuni lainnya untuk patungan sebulan 20-30rb untuk uang keamanan bayar satpam.

7. Perhatikan Lahan Parkir

parkiran
Dengan lahan parkir yang luas, kamu ga harus nyimpen kendaraan kamu di pinggir jalan. (google.com)

Buat kamu yang bawa kendaraan ke kampus, kamu harus perhatikan kostan yang parkirannya luas dan pastinya memiliki tingkat keamanan yang bisa dipercaya. Guna lapangan parkir yang luas adalah supaya kamu gak usah keluar masuk mobil atau gantian parkir dengan penghuni atau tamu yang datang ke kostan.

8. Dekat Tempat Ibadah, Fotokopian/warnet 24 jam, dan Warkop 24 Jam

Buat kamu yang beragama muslim baiknya kamu cari tempat kostan yang dekat dengan tempat ibadah. Alasannya adalah TOA masjid saat adzan subuh akan lebih terdengar sampai kamar kamu, sehingga akses kamu beribadah bakal lebih dekat dan gak ada alasan buat kamu menunda ibadah karena malu mesjid depan rumah. Selain itu dekat dengan tempat ibadah/masjid juga bisa membantu kamu bangun pagi lho. Hehee..

Selain dekat tempat ibadah, cari juga yang dekat dengan tempat fotokopi karena tugas dari dosen itu tak kenal waktu, gak jarang kamu harus cari tempat fotokopi di malam hari atau bahkan pagi buta.

Jangan lupa cari kostan yang dekat dengan warkop 24 jam karena warkop adalah pemadam kelaparan saat tengah malam merasa tersiksa oleh lapar yang menggerogoti perut karena sibuk mengerjakan tugas hingga tengah malam.

Selamat mencoba ya guys, semoga sukses menjadi mahasiswa yang berprestasi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s