Tips Memasuki Dunia Perkuliahan


Buat kalian yang sudah lulus ujian nasional (UN) selamat yah, sekarang kalian bakal masuk ke jenjang pendidikan yang lebih serius. Fyi, aja nih banyak juga loh dari teman-teman yang baru lulus SMA masih bingung mau kuliah dimana dan ujung-ujungnya pendaftaran kampus udah tutup alhasil dia harus mulai kuliah tahun berikutnya. Karenanya reqomen bakal bagi-bagi tips buat kamu yang baru mau masuk kuliah.

1. Tentukan Cita-Cita dan Karir Impianmu

Seringkali mahasiswa yang ingin kuliah, masih belum bisa menentukan jurusan apa yang ingin dipilih.
Seringkali mahasiswa yang ingin kuliah, masih belum bisa menentukan jurusan apa yang ingin dipilih.

Pastinya kamu punya dong cita-cita? Sebaiknya memilih jurusan atau fakultas kuliah harus berhubungan dengan cita-cita atau dream job yang sudah ada di dalam pikiran kamu karena fase ini lumayan banyak menentukan kamu akan menjadi apa nantinya. Misal, kalau kamu punya cita-cita sebagai arsitek baiknya kamu memilih jurusan arsitektur atau fakultas teknik sipil, kalau kamu mau jadi pebisnis, gak ada salahnya kamu belajar tentang ilmu marketing dan management. Namun buat kamu yang belum kepikiran mau jadi apa, coba cari referensi kakak senior, kerabat yang sudah lebih tua, orang tua pastinya, keluarga lainnya tanya pendapat mereka tentang profesi apa yang sekiranya banyak diminati oleh perusahaan besar dan dengan masa depan yang menjanjikan.

2. Beli Baju Baru

Selain menambah stok baju, beli baju baru juga bisa membuatmu lebih nyaman ke kampus.
Selain menambah stok baju, beli baju baru juga bisa membuatmu lebih pede dan nyaman ke kampus. (sumber: google.com)

Hal yang paling berasa beda banget antara sekolah di SMA dengan di Kampus adalah pakaian yang kita pakai. Kalau di sekolah dulu, kita harus pakai seragam setiap hari bahkan kalo lagi musim hujan malah baju bekas pakai kemarin masih bisa di setrika dan langsung pakai lagi. Kalau di kampus kamu bakal bebas memilih baju atau gaya yang kamu suka. So, kamu mesti update baju baru dong, yang tadinya baju bagus cuma di pakai buat ngedate diweekend, sekarang setiap hari kamu harus tampil nyaman dan percaya diri tanpa seragam (tergantung kampus). Ajak kakak senior untuk mencari tahu informasi tempat perdagangan baju yang murah.

3. Beli Sunblock atau UV Protector

Bukan ngajarin kamu jadi metroseksual atau over genit di kampus lho, tapi sunblock atau uv protector ini bakalan berguna banget buat kamu. Saat awal masuk kampus menjalani masa orientasi atau OSPEK. Dimana biasanya kamu bakal dijemur berjam-jam atau disuruh lari keliling disiang bolong. Kebayang dong gimana hasilnya kulit kamu nanti?

4. Cari Kost

Buat kamu yang kuliah di luar kota atau bahkan luar negeri ada baiknya kamu mengumpulkan data informasi se valid-validnya untuk kamu jadikan kamar kost. Karena biasanya menjelang penerimaan mahasiswa baru kost-kostan bakal banyak yang penuh dan susah banget nemuin kamar kosan yang kosong. Sekalinya ada pun kamu harus waiting list untuk tahun depan atau bulan depan. Hal tersebut dikarenakan jumlah mahasiswa yang masuk tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang lulus, biasa deh jatahnya macan-macan kampus. Ada baiknya kalau kamu punya kenalan senior di kampus, so kamu bakal dibantu buat cari kost-kostan yang masuk budget dan berdasarkan rekomendasi seniormu.

5. Punya Laptop

Dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Laptop atau komputer menjadi hal yang wajib dimiliki. (sumber: google.com)
Dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Laptop atau komputer menjadi hal yang wajib dimiliki. (sumber: google.com)

Perangkat pendukung kegiatan belajar mengajar yang sudah pasti dibutuhkan oleh mahasiswa baik yang tingkat awal maupun tingkat akhir. Yaa.. walaupun masih banyak warnet dan rental komputer di sekitar kostan, tapi baiknya kamu punya perangkat kuliah seperti laptop atau komputer sendiri karena yang namanya mahasiswa gak jauh dari tugas, tugas, dan tugas. Dengan memiliki laptop atau komputer sendiri tentunya bisa jadi salah satu strategi menghemat uang untuk sewa rental. Buat kamu yang belum punya laptop atau komputer baiknya kamu mulai menabung dari sekarang.

6. Punya Pacar

Tips terakhir ini penting gak penting sih, tapi masuk salah satu kategori yang harus dipersiapkan atau dicari sama mahasiswa baru. Apa sih alesannya? Di kampus itu manusianya lebih banyak dari pada di sekolah, baik itu perempuan atau laki-laki. Jadi buat kamu yang jomblo gak ada alesan buat kamu terus menikmati indahnya dunia hanya sendiri bareng tongsis. Alasan lainnya adalah biar ada yang jadi penyemangat kala kamu merasa lelah kuliah dengan tugas yang bejibun, disitulah fungsi pacar dibutuhkan. Lalu yang terakhir ini buat kamu yang berencana tinggal ngekos, eits bukan berarti kamu bebas berduaan di kamar kosan yah, tapi kamu bakal butuh pacar pada saat kamu sedang sakit karena namanya orang sakit kan males ngapa-ngapain, jadi kalo punya pacar kan kamu ada yang merhatiin, ada yang bawain makanan, ada yang nyuapin, ngerjain tugas, beresin kamar daaaann banyak lagi. Heheee..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s