5 Cara Unik Untuk Berhenti Merokok


“Keren TANPA ROKOK”

Pastinya kamu sudah tau bahayanya tentang merokok. Walaupun berbahaya tetapi tetap saja banyak sekali yang merokok. Bagi kamu yang perokok untuk berhenti merokok bisa jadi hal yang sulit. Usaha berhenti merokok harus didukung dengan usaha dan tekad yang bulat. Bukan itu saja lingkungan dan keluarga juga harus mendukung usaha kamu untuk berhenti merokok. Jadi ga ada salahnya kamu cerita ke keluarga atau teman kamu untuk mendukung kamu. Berikut beberapa reqomen-dasi unik buat kamu para perokok untuk berhenti merokok:

1. Bikin Reminder di Google Calendar

Kalo yang minta berhenti ngerokok Citra Kirana engga akan bisa nolak.
Kalo yang minta  Citra Kirana mah, engga akan sanggup untuk nolak. (sumber: google.com)

Buatlah reminder di google calendar setiap hari, setiap jam, atau hanya pada jam-jam dimana kamu biasanya ingin merokok dengan judul yang agak mengancam misalnya : “Hayo pilih ngeroko apa modal nikah?”. Atau kamu bisa juga minta tolong pacar/isteri kamu yang beri judul, bisa jadi ancamannya lebih serius seperti misalnya : “Hayoo.. kalo kamu ngeroko kita PUTUS!”. Ancaman bisa juga diubah dengan reward atau hadiah yang didapatkan jika kamu berhasil menahan diri untuk merokok. Misal : “Ayoo.. semangat nahan rokok biar dapet kiss dari aku” eiitss, ini hanya untuk yang udah nikah loh yang boleh kasih kiss.. 😀

2. Bikin Blog Tentang Tips Pengalaman Pribadi Cara Berhenti Merokok

note reminder
Berhenti merokok sekarang, atau rokok yang menghentikanmu. (sumber: google.com)

Cobalah untuk membuat blog tentang cerita kamu dalam menjalani proses berhenti merokok. Karena dengan memberikan informasi apa saja yang kamu rasakan, bagaimana cara mengatasinya, hingga mungkin kamu sok tahu memberikan tips menahan diri dari godaan tembakau versi kamu kepada perokok yang masih aktif. Kamu jadi memiliki sedikit tanggung jawab atas tulisan-tulisan dan tips yang kamu informasikan kepada kawan-kawan perokok.

3. Bikin Video Blog (VBLOG) Tentang Rencana Kamu untuk Berhenti Merokok

“Hidup Lebih Sehat dan Bermanfaat Tanpa Rokok”

Youtube bisa jadi salah satu media kamu untuk mencoba berhenti merokok. Coba buat video simple berisi perasaan atau usaha kamu berhenti merokok dari hari ke hari dan upload ke youtube.com. Cara penyampaiannya bebas, boleh serius, boleh lebay, boleh sambil ngelawak atau apa adanya. Gak usah mikirin video kamu bakal diliat orang banyak apa enggak, karena jika stop smoking diary kamu berhasil pasti cara-cara kamu akan banyak ditiru orang. Dan video kamu nantinya pasti banyak yang nonton.

4. Belajar Untuk Berhenti Beli Rokok

Anti-Smoking
Kesehatan kamu jauh lebih penting, daripada sebatang rokok. (sumber: google.com)

Salah satu cara menghemat menghindari rokok adalah dengan cara berhenti membeli rokok. Jadi kamu cuma merokok kalau ada teman yang ngajak aja dan rokoknya pun kamu minta dari teman kamu. Kenapa hal tersebut bisa membuat kamu berhenti merokok? Karena kamu pasti lama-lama bakal tengsin atau malu minta rokok melulu, dan khawatir dibilang gak modal. Karena tengsin kamu akhirnya mengurangi minta rokok juga dan akhirnya bisa berhenti merokok secara total.

5. Menabung Pagi-pagi Sebelum Berangkat Kantor atau Kuliah

Daripada beli rokok, lebih baik uangnya ditabung ya..
Daripada beli rokok, lebih baik uangnya ditabung.. (sumber: twitter.com)

Harga rokok di Indonesia rata-rata paling mahal diangka Rp.20.000,- jadi kalau misalnya jatah uang jajan harian kamu adalah Rp 50.000,- baiknya disisihkan lebih awal sebelum berangkat ke kantor sebanyak Rp 20.000,-. So, gak ada alasan untuk kamu buat beli rokok karena uang kamu sudah tinggal buat makan siang dan bensin motor atau ongkos. Atau cara yang lebih ekstrim kalau jatah jajan harian kamu lebih dari Rp 50.000,- kamu harus sisihkan ke tabungan setiap nerima kembalian uang pecahan Rp 20.000,-. Yakin deh, saat ini udah berjalan dengan baik sampai akhir bulan atau mungkin tiap tahun kamu punya tabungan yang lumayan. Hasilnya bisa membeli perabot rumah baru mulai dari sofa, TV, Play Station atau minimal ganti handphone setahun sekali. Lumayan banget kan uangnya. 😀

Dari kelima cara diatas, yang paling utama dan paling berpengaruh adalah sikap, prinsip dan motivasi kamu untuk berhenti merokok. So, apa salahnya dicoba dulu untuk berhenti sebelum terlambat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s