Wisata Asik Ke Kepulauan Derawan, Danau Kakaban Dan Labuan Cermin Yang Menjadi Primadona di Kalimantan


1. Pulau Derawan

derawan

Untuk kamu pecinta keindahan pantai baik keindahan di atas air maupun alam bawah air, rasanya tak lengkap jika kamu belum mengunjungi Pulau Derawan dan beberapa pulau di sekitarnya. Pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini masih jauh dari polusi dan kebisingan kota besar, sehingga segala sesuatunya masih sangat alami, termasuk biota laut dan terumbu karang yang masih sangat terjaga.

Untuk menuju Pulau Derawan, kamu bisa masuk dari Kota Berau atau Tarakan, karena keduanya adalah kota terdekat dengan Pulau Derawan yang memiliki lapangan udara. Tapi, Tarakan adalah pilihan yang lebih efisien untuk menuju Pulau Derawan, karena tiket pesawat ke sana lebih murah dibandingkan ke Berau. Dan, kalau kamu memilih masuk lewat Tarakan, usahakan menggunakan penerbangan pertama pukul 5 pagi supaya kamu tidak perlu transit di Balikpapan, yang tentunya akan menambah lama waktu perjalanan.

Sayangnya, tidak ada kapal reguler yang langsung menuju Pulau Derawan. Karena itu, sebaiknya kamu mengajak rombongan yang cukup besar untuk pergi ke Pulau Derawan supaya kamu bisa patungan untuk menyewa speedboat dari Kota Tarakan. Sebelum menyewa speedboat, sebaiknya lakukan penawaran dengan cermat dan usahakan tidak menambah rute di tengah-tengah perjalanan karena kamu harus menambah ongkos bahan bakar yang mahal. Perjalanan ke Pulau Derawan kira-kira ditempuh dalam waktu 4 jam.

Kalau kamu punya budget lebih, kamu bisa menuju Pulau Derawan melalui Berau. Dari kota itu, kamu perlu melakukan dua jam perjalanan menuju Tanjung Batu. Dari sana, kamu tinggal naik speedboat selama 45 menit untuk tiba di Pulau Derawan.

Setelah tiba di Pulau Derawan, kamu bisa memilih tipe akomodasi yang kamu inginkan sesuai budget dan keinginan kamu. Meskipun jumlah cottage masih terbatas, tapi ada lebih dari 100 rumah warga yang dijadikan penginapan atau homestay untuk turis.
Layaknya wisata pantai pada umumnya, kegiatan utama wisatawan di Pulau Derawan ialah menikmati keindahan alam pantai dan alam bawah laut. Terdapat beberapa penyewaan alat snorkeling dengan harga sewa cukup murah, sekitar Rp. 50.000/hari. Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Derawan lebih jauh lagi, kamu bisa mengikuti program diving yang juga tersedia di pulau ini.

2. Danau Kakaban

IMGP2007

Selagi kamu berada di Pulau Derawan, ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk singgah di pulau-pulau sekitar yang tak kalah indah, salah satunya ialah Pulau Kakaban. Pulau ini unik karena bentuknya hanya seperti lingkaran tipis dengan danau air asin di tengahnya yang bernama danau Kakaban. Di dalam danau kakaban terdapat ribuan ubur-ubur yang sepertinya terperangkap dan tak bisa kembali ke laut lepas, berenang dan menyelam di danau kakaban seolah kita berenang bersama ribuan ubur-ubur cantik. Tidak perlu khawatir karena ubur-ubur di sini sudah tidak memiliki sengat dan tidak beracun.
Beberapa tempat dan atraksi menarik lainnya di sekitar Pulau derawan antaralain ialah berenang bersama ikan Manta raksasa di Pulau Sangalaki atau melihat Kima raksasa (semacam kerang raksasa) langsung di habitatnya. Sangat sulit untuk mendeskripsikan keindahan Derawan, sebaiknya anda datang sendiri untuk menikmatinya.

3. Danau Labuan Cermin (Dua Rasa Air dalam Satu Danau)

Labuan-Cermin01-copyt

Untuk menikmati jernihnya Danau Labuan Cermin, kita harus pergi ke Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini merupakan salah satu obyek wisata yang belum banyak diketahui oleh para traveler. Untuk mencapai danau ini, dibutuhkan waktu 6 sampai 7 jam perjalanan darat dari Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau.

Semua rasa lelah langsung hilang begitu melihat air Danau Labuan Cermin yang berwarna hijau kebiruan yang jernih. Saat ditempa sinar matahari, permukaan air danau ini bisa memantulkan bayangan bagaikan cermin. Dari atas dermaga yang berada di pinggir danau, bisa terlihat jelas semua benda yang berada di dalam danau, bahkan sampai ke dasar danau. Di sekitar danau terdapat tempat-tempat yang menyewakan peralatan snorkeling dan ban untuk mengapung bagi para pengunjung.

Begitu memasuki Danau Labuan Cermin, langsung terasa air tawar yang sejuk sekali. Tapi, jika kamu bisa berenang ke dasar danau, akan terasa air asin di dasar danau. Inilah keunikan danau Labuan Cermin, dua jenis air ada di dalam satu danau. Di permukaan sampai pertengahan, air terasa tawar yang berasal dari sumber mata air di sekitar danau. Namun, beberapa meter di bawah, air terasa asin karena berasal dari air laut dari Teluk Sumbang, yang juga dialiri air tawar dari Danau Labuan Cermin. Namun harus berhati-hati, karena di beberapa bagian danau arusnya cukup kuat dan dapat menyeret orang yang tidak pandai berenang.

Kedua jenis air yang ada di danau ini tidak bercampur. Begitu juga dengan ikan-ikan di danau tersebut. Di bagian air tawar, terdapat beberapa spesies ikan air tawar, sementara di dasar danau berkeliaran ikan-ikan laut. Di dasar danau terdapat lapisan berwarna putih keruh yang berasal dari pembusukan kayu dan dedaunan yang jatuh ke danau tersebut.

Di sekitar danau juga terdapat kawasan hutan lindung yang masih rimbun dan tidak diganggu oleh penduduk setempat. Hutan ini menjadi tempat tinggal bagi berbagai satwa liar seperti bekantan, berang-berang, dan beruang madu. Selain itu, pada salah satu sisinya terdapat tebing tinggi.

Jangan lupa kunjungi juga beberapa destinasi di sekitar Danau Labuan Cermin seperti Teluk Sumbang, Teluk Sulaiman, yang juga berada di Kabupaten Berau.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s