12 Tempat yang Bikin Anak UNPAD Betah di Jatinangor


Ngomongin masa kuliah memang enggak ada habisnya. Banyak sekali cerita yang tidak terlupakan semasa kuliah. Kali ini reqomen mau membahas salah satu universitas negeri di Bandung yaitu UNPAD (Universitas Padjajaran) yang di Jatinangor. Kampus ini punya beberapa lokasi yaitu diantaranya adalah Dipati Ukur, Jatinangor dan bahkan dulunya ada di dekat Dago Tea House. Berikut beberapa tempat yang bikin anak-anak Unpad betah di Jatinangor:

1. Komunitas Gerbang Unpad

gerbang

Sebelum anak Unpad Jatinangor punya Jatinangor Town Square untuk nongkrong. Gerbang Unpad merupakan salah satu tempat favorit untuk nongkrong bahkan sampai pagi. Disini semua fakultas gabung. Dari yang ngumpul-ngumpul, main gitar, nyanyi-nyanyi bahkan sampai ada yang bikin event lesehan dan acara musik juga di gerbang ini. Di gerbang Unpad Bandung ini setiap hari Minggu aka nada pasar kaget yang disebut Pasar Unpad atau PaUn. Masyarakat sekitar Jatinangor biasanya akan datang ke sini untuk jalan-jalan, lari pagi, atau berbelanja berbagai keperluan. Tetapi pada tahun 2009-an gerbang ini dijadiin jalan raya umum. Semenjak itu komunitas gerbang unpad pun menghilang deh.

2. Jembatan Cincin

jembatan

Jembatan Cincin bisa dibilang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, terutama di kalangan masyarakat Jawa Barat. Ironisnya, tempat yang bisa dibilang bersejarah ini masih banyak yang belum mengetahui. Bahkan, oleh warga Sumedang sekalipun. Dinilai dari pemandangan seputar Jembatan, bisa dibilang sangat indah. Anda akan melihat komplek pemakaman, sawah dan pemandangan daerah Jatinangor dari atas Jembatan ini. Anda juga bisa melihat Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, dan fakultas lainnya. Tapi kalau malam jembatan ini horor banget.

3. Kosan Tiara

kosan

Dikalangan pria kos-kosan cewek ini pasti tidak asing lagi. Karena di kosan ini berisi cewek-cewek cantik semua fakultas. Yang lebih asiknya lagi ini kosan ini pun terbilang bebas. Hehe.. Kos-kosan ini namanya Tiara I dan dan Tiara II.

4. Pasar UNPAD

pasar-unpad4

Setiap hari minggu pagi akan muncul PAUN (Pasar Unpad) . Pasar Unpad adalah pasar kaget yang berada  tepat di depan Gerbang baru Unpad yang buka setiap hari minggu pukul 6-10 Pagi. Karena banyak anak kosan di Jatinangor, pasar kaget ini memang sengaja diadakan untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa perantau.

5. Arboretum

arboretum

Suntuk ama kuliah dan kampus Arboretum termasuk salah satu tempat untuk melepaskan penat sejenak. Tempat ini dapat menyegarkan mata di tengah teriknya panas matahari Jatinangor dan padatnya kuliah.

6. Sabar Subur

Toko Sabar Subur ini menyediakan berbagai macam kebutuhan. Di sana tersedia berbagai barang termasuk barang untuk keperluan orientasi mahasiswa.

7. Warung Pedca

Letaknya di deket lapangan futsal deket bale. Kantin ini juga suka menolong mahasiswa bandel yang suka buka puasa siang hari pada saat ramadhan. Biasanya yang nongkrong disini adalah anak prancis UNPAD.

8. Kingkong

Nonton film menjadi salah satu kegiatan pengusir suntuk paling ampuh bagi mahasiswa. Anak-anak jatinangor biasanya sering main ke Kingkong untuk beli film. Di Kingkong ini sedia segalanya dan termasuk update juga untuk film-filmnya.

9. Perpustakaan Batu Api

Perpustakaan Batu Api

Buat yang pengin cari referensi literatur atau buku bacaan di perpustakaan luar kampus, kita bisa pergi ke Perpustakaan Batu Api. Sebuah perpustakaan alternatif yang menawarkan banyak hal yang gak biasa. Alamatnya di Jatinangor 142a. Kamu bisa menemukan banyak kejutan di perpustakaan ini.

10. Kiara Payung

Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor Sumedang

Sebuah tempat perkemahan yang terdapat di perbatasan Bandung ini memang indah. Udaranya dingin apalagi pada malam hari udara akan turun drastis dengan disertai angin kering. Biasanya mahasiswa UNPAD menggelar acara makrab disini. Jadi udah pasti Kiara Payung ini memberikan kesan yang tak terlupakan buat mereka.

11. Che.Co

che.co

Café yang paling trendy pada masa 2008 hingga saat ini, biasanya mahasiswa yang kangen makanan ala-ala western pasti mampir ke sini. Kalo malem di café ini banyak banget sama mahasiswa yang lagi tugas akhir, atau skripsian, atau lagi ngerjain tugas. Karena disini mereka bisa dapetin WiFi gratis dengan modal es teh manis.

12. JATOS ( Jatinangor Townsquare)

jatinangor-corner3

Ini adalah mall pertama dan mungkin satu-satunya di jatinangor sejak tahun 2006-an, angkatan 2004 sampe sekarang pasti tau banget dan pasti sempet nangkring di Jatos ini. Biasanya mahasiswa Unpad Jatinangor kalo kepingin ajak gebetan nonton bioskop harus ke Kota Bandung, tapi dengan adanya Jatos akhirnya makasiswa Unpad jatinangor bisa kencan hemat nonton bioskop di XXI Jatinangor walaupun kadang filmnya Indonesia semua, tapi yaa lumayan lah irit budget pacaran. Selain nonton, biasanya mahasiswa Unpad Jatinangor juga main ke Jatos untuk main bilyard dan karaoke. Yakin deh pasti kalian yang pernah kuliah di Jatinangor sempet atau bahkan sering nongkrong di Jatos. 🙂

 

So, buat kamu mantan mahasiswa Unpad moga-moga info reqomen ini bisa berguna ya, sekedar refresh dan membawa kamu kembali ke nostalgia jaman-jaman kuliah dulu. Atau mungkin ada tempat yang lebih membuat kamu betah di Jatinangor? Yuk share di comment.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s