Pilih Green Tea atau Matcha Yaaaaa???


Depok, Reqomen.com-  Akhir-akhir ini mungkin kamu sering mendengar istilah “Green Tea” dan “Matcha”. Banyak orang beranggapan bahwa kedua istilah ini adalah hal yang sama atau sinonim, padahal Green Tea berbeda dengan Matcha. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya berikut ini.

greennn

Matcha adalah teh hijau dalam bentuk bubuk. Berbeda dengan teh hijau biasa, pada proses pembuatan Matcha, daun teh dihaluskan terlebih dahulu. Proses pengolahan Matcha sendiri menggunakan daun teh hijau yang dipanaskan dengan uap, dikeringkan kemudian digiling atau dihancurkan hingga menjadi bubuk atau serbuk yang mirip seperti tepung. Saat ini berbagai café dan restoran maupun produsen cemilan banyak yang menggunakan Matcha dalam hidangan mereka. Matcha dapat menambahkan rasa unik pada makanan, sehingga membuatnya cepat terkenal di berbagai kalangan.

Green Tea (Teh hijau) merupakan teh yang berasal dari daun tanaman teh (camellia sinesis), yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Boleh dikatakan Green Tea adalah minuman yang terbuat dari hasil seduh daun tanaman teh segar yang telah melewati proses pemanasan. Kandungan gizi Matcha 10 kali lipat teh hijau biasa, karena prosesnya yang digiling sehingga ketika diminum otomatis daun-daunya pun ikut terminum  bukan hanya sari teh yang diseduh seperti biasanya.

Jadi kali ini tetunya kamu sudah dapat membedakan antara Matcha dan Green Tea. Keduanya melalui proses pembuatan yang berbeda sehingga kegunaan, kandungan, warna, rasa, tekstur dan harga pun juga berbeda. Harga Green Tea relatif lebih murah dibandingkan dengan Matcha.

Matcha ataupun Green Tea sama-sama sangat baik untuk tubuh dan kesehatan. Khasiatnya antara lain mengurangi resiko kanker, mencegah penyakit jantung, menangkal radikal bebas, menurunkan berat badan, mencegah kanker kulit, menurunkan kadar kolesterol, mencegah obesitas, hipertensi, mengobati keracunan makanan, menurunkan gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Sudahkah kamu mencoba Matcha atau Green Tea hari ini?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s