5 Bahaya Penggunaan Gadget


Jika anda begitu gandrung dalam penggunaan gadget maka berhati-hatilah, karena penggunaan yang berlebihan akan memberikan gangguan yang cukup serius pada kesehatan tubuh. Efek terburuknya memang tidak langsung terjadi, namun lambat laun akan terasa dampak negatif yang ditimbulkan, diantaranya:

Berat Badan Meningkat

Dollarphotoclub_94497171.jpg
Paparan cahaya yang dihasilkan ponsel mengandung unsur sinar biru yang mampu meningkatkan Leptin.

Menurut Prof. Jim Horne, ilmuwan dari Northwestern University, Chicago, paparan cahaya yang dihasilkan ponsel mengandung unsur sinar biru yang mampu meningkatkan Leptin (hormon yang sangat berperan mengatur berat tubuh), fungsi metabolisme, dan fungsi reproduksi. Hal demikian akan membuat Anda ingin beraktivitas terus (hiperaktif) dan memicu keinginan untuk makan di malam hari (menyebabkan obesitas).

Insomnia

Tired Young Man in Santa's Hat with Tablet Computer at the Home
Penggunaan gadget berlebihan di malam hari dapat mengakibatkan gangguan tidur.

Umumnya orang tidur malam disarankan untuk mematikan lampu, agar syaraf pada tubuh dapat nyaman. Bayangkan jika lampu gadget menyala terus, hormon Melatonin yang harusnya berfungsi membantu tubuh menjadi rileks dan membuat tidur nyenyak, menjadi tidak berfungsi baik sehingga anda akan mengalami gangguan tidur,  rasa tidak nyaman dan gelisah akan terus menghantui. Sebuah penelitian yang dituliskan dalam jurnal Behavioral Sleep Medicine melaporkan bahwa, pikiran dipaksa berkonsentrasi pada notifikasi gadget yang masuk – terutama jika koneksi internet tetap aktif. Hal inilah yang sering kali membuat anda sulit untuk tidur atau justru mengabaikan jam tidur. Akibatnya, rasa mengantuk akan muncul di pagi atau siang hari disaat anda tengah beraktivitas.

Katarak

Cataract.
Efek panas yang dikeluarkan gadget saat penggunaan di dekat wajah dan kepala yang dilakukan dalam jangka waktu lama atau berlebihan bisa menyebabkan katarak.

Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan gadget dapat menyebabkan pemanasan pada jaringan tubuh, khususnya pada mata (kornea mata tidak memiliki pengaturan suhu). Efek panas yang dikeluarkan gadget saat penggunaan di dekat wajah dan kepala yang dilakukan dalam jangka waktu lama atau berlebihan bisa menyebabkan katarak, yaitu lensa mata yang menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya, penyakit ini bervariasi sesuai tingkatannya dari sedikit sampai keburaman total.

Keguguran atau Merusak Janin 

Menurut laporan studi yang dilakukan Yale School of Medicine Amerika, mengatakan bahwa paparan radiasi dari gadget selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin yang menyebabkan hiperaktif. Efeknya akan semakin runyam jika anda menggunakan dan meletakkan gadget terus-menerus di dekat daerah kandungan. Saat penelitian ini diuji coba pada wanita hamil (dengan mendekatkan posisi gadget pada rahim). Gangguan kerusakan sel pun terjadi pada janin, yang mengakibatkan keguguran pada usia kandungan 2-3 bulan.

Kanker Otak

Otak memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan panas melalui sirkulasi darah. Efek panas ini akan meningkat jika anda membiarkan gadget dalam keadaan di charge semalaman atau ditinggal tidur. Belum lagi penggunaan gadget dalam intensitas tinggi bisa meningkatkan risiko glioma (tumor otak) yang mengakibatkan penyakit kanker otak.

Gunakanlah gadget sesuai dengan kepentingan anda, dengan begitu anda menjaga kesehatan sekaligus menghemat energi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s