Manfaat Buah Kolang Kaling untuk Tubuh


Kolang-kaling dalam bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, yang artinya buah dari pohon aren (Arena Pinnata), sementara lidah pribumi sering menyebutnya cangkaleng atau buah atap dan yang paling populer disebut buah kolang-kaling.  Buah ini cukup kenyal dan enak rasanya, sering didapati ketika bulan puasa (Ramadan) yaitu menjadi isinya kolak, ada juga yang dijadikan campuran es teller atau dibuat manisan. Dibalik kekenyalan buah kolang-kaling ini, ternyata memiliki berbagai manfaat kandungan yang bisa menyehatkan tubuh.

Buah kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gramnya, juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan juga gelatin dan serat kasar 0,95 gram. Kolang-kaling juga memiliki jumlah kalsium yang tinggi, tak jauh berbeda dengan kandungan kalsium pada susu. Jika susu memiliki 125 miligram/100 gram. Itu berarti, selisih kandungan kalsium pada kolang-kaling dengan susu hanyalah 34 miligram/100 gram. Begitu banyaknya vitamin yang ada dalam kolang-kaling, maka inilah beberapa manfaat langsung untuk kesehatan tubuh kita :

Menu Diet Sehat

Tidak mudah melakukan diet sehat, karena orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) harus menemukan makanan dan minuman yang sehat yang sekaligus membuat mereka kenyang dalam waktu relatif lama. Apabila bingung mencari asupan makanan untuk diet sehat anda, cobalah memasukkan buah kolang-kaling ini ke dalam daftar menu diet anda. Sebab buah yang berasal dari pohon enau ini memiliki kandungan minuman dan gelatin dalam jumlah yang banyak, sehingga bisa mengenyangkan dalam waktu yang lama.

Memperlancar Pencernaan

Apabila organ pencernaan kita terhambat kerjanya, perut pasti akan merasa tak enak karena kotoran dalam tubuh tak bisa dikeluarkan dengan lancar. Maka jika ingin pencernaan anda lancar kembali, cobalah konsumsi buah kolang-kaling paling tidak 10 butir setiap hari. Manfaat kolang-kaling salah satunya memang untuk memperlancar pencernaan atau mengatasi sembelit, karena di dalam buah yang kenyal tersebut mengandung banyak serat. Seperti diketahui serat bisa membuat pencernaan menjadi lancar.

Memperkuat Tulang

Pada umumnya kebanyakan orang untuk memperkuat tulang hanya tahu dengan mengkonsumsi susu setiap hari, ternyata ada cara lain yang bisa anda andalkan untuk memperkuat tulang, yaitu memakan buah kolang-kaling. Manfaat kolang-kaling untuk mendapatkan tulang sehat telah terbukti karena dalam 100 gram kolang-kaling, anda bisa mendapatkan 91 kalsium yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Jadi, mengonsumsi kolang-kaling secara rutin tulang anda tak mudah keropos, sekaligus mencegah osteoporosis.

Mengatasi Radang Sendi

Manfaat kolang-kaling juga bisa mengatasi Radang pada sendi, apalagi bagi mereka yang jarang berolahraga, setiap saat bisa terserang nyeri pada daerah persendian. Salah satu cara mengatasinya, cobalah mengonsumsi secara rutin kolang-kaling minimal 100 gram setiap hari dengan hanya merebusnya tanpa gula dan tanpa pewarna. Buah dari pohon aren tersebut mengandung zat yang bernama galaktomanan yang bisa membuat radang sendi semakin hari semakin terobati.

Mengobati Gatal-Gatal

Gatal-gatal memang bukan penyakit yang membahayakan kesehatan. Namun, gatal-gatal pada kulit pastilah akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Bagi anda yang sudah terlanjur terserang gatal-gatal, tak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami dengan mencoba manfaat kolang-kaling. Buah ini bisa juga digunakan untuk mengatasi gatal-gatal. Caranya, ambil getah kolang-kaling kemudian dioleskan pada kulit yang gatal, dengan pemakaian yang teratur dan rutin maka penyakit tersebut akan segera hilang.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan para pembaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s