Apa sih perbedaan Jus dan Smoothies?


Depok, Reqomen.com- Seiring perkembagan zaman kini sebagian masyarakat tergerak hatinya untuk membudayakan trend hidup sehat. Saat ini jus dan smoothies sudah popular di Indonesia, bahkan kini telah menjadi gaya hidup. Diantara keduanya seringkali kita keliru membedakannya karena baik jus ataupun smoothies berasal dari bahan yang sama yaitu buah, sayuran, dan tambahan lainnya. Berikut akan kami ulas perbedaannya.

Jus (Juice)

juicers-
Aneka Juicer (Via: greendrinkdiaries.com/wp-content)

Minuman yang dihasilkan oleh alat juicer disebut jus (juice). Jus merupakan sari buah atau cairan yang terdapat secara alami didalam buah -buahan atau sayur-sayuran yang diproses menggunakan juice extractor atau juicer, kemudian akan disaring ampasnya dan hanya diambil air sari buahnya saja. Air sari buah disebut dengan jus. Disimpulkan bahwa jus adalah cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan buah maupun sayur. Jus sangat disarankan untuk  mereka yang memiliki pencernaan yang sensitif, karena kandungan seratnya rendah, jadi bisa lebih cepat diolah oleh tubuh, tanpa serat, pencernaan anda tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi.

Smoothies

thebestsmoothieblender.net
Blender smoothie Maker (Via: thebestsmoothieblender.net)

Minuman yang dihasilkan oleh blender disebut Smoothies. Smoothies merupakan minuman yang berkembang di wilayah barat Amerika.  Minuman ini berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula atau gula pasir, susu tawar cair dan es batu. Dalam perkembangannya, smoothies mengandung banyak kreasi campuran, ada yang dicampur dengan yogurt, susu, cokelat, ataupun madu. Tekstur smoothies lebih pekat dibandingkan jus. meskipun jus dan smoothie memiliki perbedaan tekstur dan manfaat, tetapi keduanya memiliki satu kesamaan yaitu menyehatkan tubuh. Smoothies yang kaya akan serat yang tidak terlalut berfungsi sebagai pembersih kotoran pada sistem pencernaan sehingga anda terhindar dari masalah susah buang air besar. Sifatnya mengenyangkan karena bertekstur kental dan creamy sangat dianjurkan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Jus dan smoothies , keduanya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh anda. Keduanya termasuk dalam minuman sehat. Agar tidak cepat bosan, anda dapat menikmati keduanya bergantian selang-seling, jangan lupa minum air putih yang banyak dan kombinasikan juga dengan sumber makanan sehat lainnya.

Salam sehat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s