Dompet Tetap Tebal di Akhir Bulan? Ini Rahasianya.


Bro and Sis, pernahkah kamu mengalami masalah tabungan dan uang di dompet selalu menipis di akhir bulan? Walaupun sudah bekerja lama dan gaji bulanan terus bertambah, tapi nampaknya masalah ini masih saja menghantui. Bisa jadi masalah itu disebabkan pola gaya hidup yang salah. Nah, kali ini penulis ingin berbagi beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu untuk menjaga ketebalan dompet sampai akhir bulan.

Buatlah daftar belanja

Buat Daftar Belanja
Buat Daftar Belanja

Kebiasaan ini mungkin belum lazim di Indonesia. Terdengar sederhana memang, namun ini tahap awal penting dalam perencanaan finansial. Setiap kamu merasa butuh sesuatu untuk dibeli, segera tulis di daftar belanja. Kalau repot menggunakan kertas, boleh menggunakan aplikasi daftar belanja di smartphone, jadi bisa ikut dibawa-bawa kemana saja deh.

Ingat, jangan beli barang-barang lain selain yang ada dalam daftar belanja.

Saat kita akan belanja ke toko atau pusat perbelanjaan, bawa daftar belanja yang telah dibuat. Ingat, jangan beli barang-barang lain selain yang ada dalam daftar belanja. Kebiasaan ini dapat membantu kita untuk tetap hemat, mencegah kita untuk belanja barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan dan tentu saja bisa lebih hemat waktu.

Hindari kebiasaan belanja bulanan

Hindari Belanja Bulanan

Kebanyakan dari kita memanfaatkan momen setelah menerima gaji dengan belanja bulanan. Hey, belanja bulanan ini tidak selalu baik lho. Seringkali kebiasaan belanja bulanan ini malah membuat kita lebih boros. Belanja saat dibutuhkan saja, karena mungkin kebutuhan kita setiap bulan tidak akan selalu sama. Khawatir jadi boros karena bolak-balik ke supermarket? Justru hal itu membuat kita sadar dan berpikir ulang apakah kita benar-benar membutuhkan barang yang ingin dibeli.

Makan kenyang sebelum belanja

Hati-hati ! Kalau perut lapar rasanya semua ingin dibeli.
Hati-hati ! Kalau perut lapar rasanya semua ingin dibeli.

Ini nih, trik penting sebelum belanja. Pastikan perut kenyang sebelum pergi belanja! Setidaknya kita jadi merasa enggan untuk belanja cemilan terlalu banyak.

Gunakan Kartu Kredit secara wajar dan terencana

Gunakan Kartu Kredit secara wajar
Gunakan Kartu Kredit secara wajar

Hanya gunakan kartu kredit saat kamu yakin dapat membayar semua tagihannya bulan depan. Batasi penggunaannya, jangan sampai gaji bulanan kamu ludes hanya untuk membayar tagihan. Selalu pikirkan bunga kartu kredit yang tinggi.

Percayalah, diskon, sale, obral hanyalah trik pemasaran semata

Jangan terlalu percaya diskon. Seringkali itu hanya trik pemasaran.

Logikanya, ga mungkin ada penjual yang ingin rugi. Ya kan? Obral, diskon, cuci gudang hanyalah trik semata agar konsumen tertarik untuk membeli barangnya. Contohnya saat ada promo obral diskon, kamu jadi beli barang yang sama lebih banyak padahal sebenarnya kamu hanya butuh satu buah saja. Jadinya boros deh.

Coba sesekali belanja di Pasar Tradisional

Pasar Tradisional
Seru juga Belanja di Pasar Tradisional. Masih bisa ditawar.

Untuk yang tinggal di kota, mungkin kamu lebih sering pergi ke supermarket daripada ke pasar tradisional. Padahal di pasar tradisional, kamu dapat menemukan barang kebutuhan yang beragam, lebih fresh, dan harganya relatif lebih murah (bahkan bisa ditawar). Yah, anggap saja kamu sedang wisata. Bertemu dengan banyak orang lalu berinteraksi secara sosial dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menghilangkan penat.

Tabungan dan Investasi

Investasi emas cukup menguntungkan. Boleh dicoba tuh!
Investasi emas cukup menguntungkan. Boleh dicoba tuh!

Selalu sisihkan uang dari gaji bulanan untuk ditabung. Tak hanya tabungan, kamu harus coba untuk berinvestasi untuk jangka panjang, contohnya tabungan emas, investasi properti, dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s