Freeletics


Apa itu freeletics? Freeletics adalah suatu program olahraga yang mengandalkan kekuatan badan untuk melakukan serangkaian gerakan dalam waktu secepat mungkin. Olahraga ini menjadi bagian dari bodyweight exercise karena kita tidak membutuhkan peralatan dan perlengkapan olahraga khusus di sini, cukup dengan tubuh kita saja.

Program freeletics awalnya diperkenalkan oleh orang berkebangsaan Jerman yaitu Joshua Comelius, Andrej Maticzak dan Mehmet Yilmaz. Freeletics terdiri dari gerakan atau pose bodyweight yang dikembangkan ketiga orang itu ke dalam urutan urutan pose yang dirancang agar dapat memberi efek dan manfaat yang maksimal. Dalam program freeletics ini hal yang paling penting diperlukan adalah kecepatan. Kita melatih dan memotivasi diri untuk melakukan setiap pose secepat yang kita bisa. Semakin cepat maka performa kita di olahraga ini pun semakin bagus.

Istilah freeletics berasal dari kata free dan athletics. Maksudnya free disini adalah latihan bodyweight yang bebas dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi orang orang yang ingin melakukan olahraga ini bisa melakukannya di rumah, di taman, pagi hari, atau di sore hari.

Kombinasi gerakan

Inti latihan freeletics adalah melatih kekuatan (strength) dan pengkondisian (conditioning) tubuh. Setiap sesi latihan freeletics terdiri dari kombinasi gerakan yang terbilang umum seperti burpees (mengubah posisi dari berdiri-membungkuk-menelungkup), squats (menekuk lutut hingga menyerupai posisi duduk), sit-up (mengubah posisi dari berbaring menjadi duduk), dan lain-lain, yang dilakukan sesuai urutan. Sifat gerakan yang intens dan bervariasi ini membuat tubuh mampu membakar banyak kalori dan melatih hampir semua otot.

Maximum Workout

Jenis latihan freeletics terbagi dua, yaitu Workouts dan MAX. Untuk latihan Workouts, Anda wajib melakukan urutan gerakan tertentu dalam tempo secepat mungkin. Sedangkan dalam latihan MAX, Anda wajib melakukan urutan gerakan sebanyak-banyaknya dalam jangka waktu tertentu. Panduannya bisa diperoleh dari situs resmi freeletics atau dengan mengunduh aplikasi freeletics di smartphone Anda.

Unduh Aplikasinya

Panduan gerakan freeletics dapat diunduh di Appstore atau Google Play. Dalam aplikasi itu, ada sederet menu latihan dan gerakan lengkap beserta videonya. Jadi, Anda tak perlu merogoh kocek. Dalam aplikasi itu misalnya, ada panduan cara jumping jack atau melompat di tempat. Anda diajarkan bagaimana cara melompat yang benar, yaitu berdiri tegak lalu mulai melompat hingga lutut sejajar 180%, lalu diulangi secara terus-menerus.

Komunitas Freeletics Indonesia

Pada tahun 2014, penggiat freeletics membentuk Komunitas Freeletics Indonesia (KFI). Menurunkan berat badan Josephine Inggri Ayuningtyas, Media Relations KFI mengatakan, anggota komunitas itu berasal dari berbagai latar belakang, mulai ibu rumahtangga, pekerja hingga pengusaha. Anggotanya menyebar di Jakarta, Sukabumi, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Samarinda, Bali, dan Makassar. Anggota KFI Jakarta lebih dari 200 orang.

Tak ada persyaratan khusus bagi mereka yang ingin bergabung di KFI. Bahkan, komunitas ini tidak memungut iuran. Kita dapat suka rela membayar keamanan dan kebersihan taman tempat latihan. Setiap pekan, KFI menggelar kegiatan SweatCamp. Ini adalah program latihan bersama yang berlangsung setiap Rabu pukul 19.30 di Pintu VIII Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan Sabtu pukul 8 pagi di Taman Kerinci Kebayoran.

KFI juga punya program Freeletics OnTheGo. Program yang baru berjalan ini menawarkan pelatihan freeletics ke sejumlah perusahaan di Jakarta.

Anda tertarik?! Yuk ikutan berlatih gerakan freeletics.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s