Cara Memahami Bahasa Tubuh


Bahasa Tubuh adalah suatu komunikasi nonverbal, yaitu sarana untuk menyampaikan pesan atau isyarat tanpa kata-kata. Saluran nonverbal yang penting adalah kinesis (kontak mata, ekspresi wajah, dan gerak isyarat tubuh), haptik (sentuhan), dan proksemik (ruang pribadi). Dengan kata lain, meski tanpa perkataan, kita mengerti apa yang dimaksud atau apa yang terjadi pada orang itu. Tanpa disadari komunikasi nonverbal ini memberi makna hingga 60% dalam komunikasi sehari-hari antar pribadi.

Kemampuan membaca isyarat ataupun sinyal bahasa tubuh orang lain dengan efektif sangat berguna, sehingga akan membawa kesuksesan baik dalam hubungan personal maupun profesional, sebab dapat meminimalisir kesalah pahaman dalam pergaulan. Oleh karena itu, dengan sedikit perhatian dan latihan yang cukup, anda bisa belajar membaca bahasa tubuh dengan akurat. Untuk itu perhatikan kiat-kiat dibawah ini :

Pertama, pahamilah bahwa bahasa tubuh adalah suatu hal yang kompleks. Karena setiap orang berbeda dan membawa diri mereka dengan cara masing-masing sesuai dengan sifat dan kebiasaannya. Kesulitan dalam menafsirkan isyarat tersebut mengharuskan anda mempertimbangkan konteksnya secara keseluruhan, jika memungkinkan pertimbangkan juga kepribadian mereka, faktor sosial, perilaku verbal, dan keadaan emosional. Meskipun hal tersebut tidak selalu terlihat, namun sangat membantu untuk membaca bahasa tubuh. Manusia adalah makhluk yang kompleks, jadi jangan heran jika cara kita pun membawa diri juga kompleks.

Kedua, ingatlah untuk mempertimbangkan perbedaan karakter yang dimiliki setiap individu. Tidak ada satu apapun yang dapat dijadikan pegangan pasti untuk dijadikan acuan penilaian ketika kita berusaha membaca bahasa tubuh mereka. Jika anda berupaya untuk bisa membaca bahasa tubuh seseorang dengan akurat, anda mungkin harus “mempelajari” orang itu selama beberapa waktu. Apa yang tepat untuk satu orang mungkin tidak selalu tepat untuk orang yang lain, itu disebabkan begitu kompleksnya tiap orang.

Ketiga, kita harus menyadari bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ditiap-tiap bahasa tubuh berdasarkan budaya atau latar belakang. Makna pesan dalam ekspresi dan emosi bahasa tubuh secara budaya sangat spesifik, sehingga apabila anda salah dalam memahaminya maka akan menimbulkan misunderstanding.

Keempat, walaupun beberapa ekspresi fisik yang menggambarkan keadaan emosi bervariasi tergantung budaya maupun latar belakang, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekspresi bahasa tubuh tertentu dapat bermakna universal antar budaya. Ini berlaku terutama dalam cara mengomunikasikan dominansi dan ketundukan. Misalnya, hampir di semua budaya postur yang direndahkan mengindikasikan ketundukan.

Kelima, ekspresi wajah adalah yang paling mudah dibaca, namun tetap tidak semua ekspresi wajah menunjukan keadaan orang tersebut, sebab tidak sedikit orang yang pandai menutupi keadaan yang sebenarnya. Umumnya ekspresi wajah menyenangkan lebih mudah dibaca daripada ekspresi wajah yang tidak menyenangkan. Satu penelitian menemukan bahwa orang-orang pada umunya lebih mampu menafsirkan bahasa tubuh yang menunjukan kebahagiaan, kepuasan, dan semangat dengan akurat, jika dibandingkan dengan menafsirkan kondisi kemarahan, kesedihan, ketakutan, dan rasa tidak suka.

Mulailah belajar mengerti orang-orang dengan bahasa tubuhnya, karena ada hal-hal yang tidak dapat disampaikan secara vulgar. Semoga membuat anda lebih memahami keadaan orang lain, sehingga dapat meraih kesuksesan dalam pergaulan dimanapun anda berada. Selamat mencoba.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s