Memilih Alat Fitnes yang Cocok untuk Wanita


Fitnes merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh kalangan pria dan tidak sedikit kalangan wanita juga. Tapi masih banyak wanita yang tidak yakin atau tidak nyaman untuk mengikuti fitnes. Hal ini dikarenakan wanita takut dengan melakukan fitnes, mereka bisa memiliki badan besar berotot seperti pria. Padahal pada kenyataannya tidak, fitnes justru baik untuk pembentukan dan menjaga kebugaran tubuh wanita. Selain itu dengan fitnes dapat membakar kalori lebih banyak sehingga lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Hal ini bisa dilihat dari arti fitnes itu sendiri, yang merupakan gaya hidup yang melibatkan unsur latihan beban dan aerobic, dengan pengaturan pola makan, dan istirahat dalam kadar yang proporsional. Gaya hidup ini tidak mengenal batas usia dan jenis kelamin jadi siapapun bisa menjalankannya dan mendapatkan manfaat darinya.

Untuk mendapatkan manfaat yang tepat dari fitnes itu sendiri, para wanita juga harus memperhatikan alat fitnes yang digunakan beserta fungsinya. Dengan demikian, Anda akan lebih yakin bahwa fitnes memang tepat juga untuk dilakukan oleh para wanita. Berikut merupakan alat fitnes yang cocok untuk wanita dikutip dari Journal:

Stability Ball

Semua jenis latihan yang biasa Anda lakukan di atas bangku (bench), pada dasarnya dapat dilakukan di atas alat ini. Anda dapat melakukan latihan-latihan seperti dumbbell , lateral raises, pullovers , bench press , shoulder press, crunches , reverse crunches , dan sebagainya. Ini adalah salah satu alat fitnes yang paling baik. Bola ini dapat bergerak dan berputar, sehingga akan meningkatkan keseimbangan Anda, sekaligus memperkuat otot-otot stabilizer kecil.

Dipping Bars

Dipping bars adalah alat fitnes berbentuk satu set batang paralel. Dips adalah latihan yang sangat bagus untuk memperkuat otot dada, bahu, dan trisep.

Lat Pull Down Michigo

Gerakan pada latihan ini mirip dengan gerakan pada latihan chin-up. Kebanyakan orang setuju bahwa latihan chin-up jauh lebih baik ketimbang latihan pull down. Namun chin-up memiliki satu kelemahan, yaitu Anda harus bisa mengangkat berat badan Anda. Tidak semua orang mampu mengangkat tubuh mereka. Karena itulah lat pull down menjadi latihan alternatif.

Cable Pull

Alat fitnes yang satu ini cukup populer sebab tak cuma tersedia di gym akan tetapi juga sering dijumpai di rumah-rumah mereka yang gemar fitnes. Cable pulley dipilih bila Anda akan melatih otot-otot dada jika dilakukan dalam keadaan berdiri atau berbaring. Di samping itu bila ditambahkan beban yang mempunyai bobot tertentu bisa difungsikan melatih otot-otot paha, panggul dan lengan. Jenis Cable Pulleys ada beberapa macam, ada yang sederhana hingga yang mempunyai berbagai fungsi sekaligus.

Rowing Machine

Alat yang cara menggunakannya seperti orang yang mendayung ini dapat melatih beberapa otot sekaligus. Menyerupai jenis alat fitnes lainnya, Rowing Machine ini pun bisa disetel posisi dan bobot bebannya menurut kesanggupan tubuh pemakainya. Memakai alat ini dalam keadaan duduk tidak sebatas otot bagian depan saja yang bisa dilatih akan tetapi mencakup juga otot punggung.

 Exercise Bike

Peralatan fitnes yang ini memiliki fungsi menyerupai aktifitas bersepeda. Populer juga dengan sebutan sepeda statis. Seakan-akan Anda tengah mengayuh sepeda meski tak kemana mana. Exercise bike ini pun dibekali fungsi untuk melihat jarak yang telah dicapai sekaligus juga fungsi untuk mengecek berapa kalori yang telah dibakar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s