Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berbelanja Online


Pada masa sekarang berbelanja online bukanlah hal yang asing untuk kita. Khususnya pasar fashion yang sangat digemari dan menyumbang 35% produk yang dijual online. Berbelanja online tentunya lebih mudah dan praktis dibandingkan berbelanja langsung di mal atau di toko. Kita bisa lebih menghemat waktu dan biaya. Walaupun lebih praktis tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbelanja online. Agar tidak kecewa dengan barang yang sudah dibeli. Agar tidak keliru dan kecewa, berikut kami berikan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli barang.

1. Keamanan

Reseller Terpercaya
Reseller Terpercaya

Sebelum membeli barang yang kita inginkan. Baiknya Anda melakukan beberapa riset dahulu tentang beberapa toko online. Lihatlah beberapa referensi toko online, pilih dan pastikan toko online tersebut memang benar-benar aman dan nyata dalam melakukan bisnis online. Pada tahap ini ada beberapa poin yang harus anda cermati yaitu identitas toko online, keberlangsungan toko online, dan pendapat konsumen. Riset yang kuat akan mengurangi resiko anda kecewa setelah berbelanja online nantinya.

2. Proses Pembayaran

Proses Pembayaran
Proses Pembayaran

Setelah memilih toko online yang terpercaya selanjutnya adalah pastikan proses pembayaran aman dan jelas. Biasanya toko online menyediakan beberapa sistem proses pembayaran seperti via transfer antar Bank, COD (Cash on Delivery) dan Rekening Bersama.

Transaksi dengan cara transfer antar bank merupakan jenis transaksi yang paling umum digunakan oleh para penjual online. Selain cukup mudah, jenis transaksi ini juga memudahkan proses konfirmasi karena dana dapat dicek langsung oleh penerima dana/penjual. Prosesnya adalah pertama pembeli mengirim dana yang telah disepakati lalu setelah dana masuk di rekening penjual, maka penjual akan mengirimkan barang transaksi yang dijanjikan.

Sistem COD sebenarnya masih menganut cara lama yaitu bertemunya penjual dan pembeli. Biasanya sistem transaksi ini dilakukan dalam jual-beli antar orang ke orang dan pada umumnya COD digunakan untuk barang second karena pembeli harus memeriksa dengan baik keadaan barang tersebut. Keuntungan dari sistem ini adalah antara penjual dan pembeli lebih leluasa dalam proses transaksi. Pembeli bisa melihat dengan detil barang yang akan dibeli, dan juga memungkin kan tawar-menawar. Salah satu acuan sistem pembayaran COD yang aman adalah Zalora di mana ada penjelasan prosesnya secara detil.

Beda lagi halnya dengan cara pembayaran Rekening Bersama (Rekber). Jika dalam transfer bank, pihak ketiganya adalah bank, sedangkan dengan sistem Rekber yang menjadi pihak ketiga adalah lembaga pembayaran yang telah dipercaya baik oleh pihak penjual maupun pembeli. Dalam hal ini peran lembaga pembayaran sangatlah penting. Prosesnya yaitu pertama pembeli mentransfer dana ke pihak lembaga Rekber. Setelah dana dikonfirmasi masuk, lalu pihak Rekber meminta penjual mengirim barang yang sudah disepakati. Kemudian jika barang sudah sampai baru dana tersebut diberikan pada sang penjual.

3. Cek Customer Review

Cek customer review berfungsi sebagai penilaian tentang toko online tersebut. Pembeli bisa menilai dari pelanggan-pelanggan sebelumnya yang sudah pernah beli di toko online tersebut. Dari segi kualitas barang, pengiriman dan penerimaan barang. Testimonial kosumen bisa menjadi rujukan penting apakah toko online tersebut dapat dipercaya atau tidak. Namun anda jangan sampai terkecoh akan testimonial palsu yang dibuat oleh toko online yang tidak bertanggung jawab.

4. Baca Deskripsi Ukuran, Bahan dan Model.

Detail Produk
Detail Produk

Agar tidak kecewa dengan barang yang akan kita beli sebaiknya Anda mengetahui secara detil barang yang Anda akan beli. Misalnya Anda ingin membeli produk baju. Cari toko online yang menjelaskan secara detail dari baju tersebut. Mulai dari bahan, ukuran dan model. Anda bisa melihat contohnya seperti dress yang di jual di toko online Zalora.

5. Return Policies (kebijakan soal pengembalian barang)

Sering kali ketika pesanan yang sudah kita pesan sampai hasilnya tidak seperti yang kita harapkan. Seperti ketika barangnya sampai cacat atau ukurannya tidak sesuai seperti yang kita inginkan. Ketika ini terjadi akankah toko menerima pengembalian semacam ini? Adakah biaya terkait hal itu? Cari tahu sebelum Anda membeli.

Referensi: grosirhijab.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s